YOUR SKIN'S BEST FRIEND !

Bekas jerawat kadangkala jadi masalah yang cukup besar untuk beberapa orang. Hal ini disebabkan karena ketika jerawat sudah hilang, tapi bekasnya masih sering menempel pada wajah. Biasanya hal ini terjadi karena jerawat mengalami infeksi atau peradangan sehingga tubuh mengirimkan sel-sel darah putih untuk membantu membunuh bakteri yang ada disana.

Namun, untuk dapat mengirimkan sel darah putih dibutuhkan perlu adanya jalanan baru yaitu pembuluh darah yang lain. Hal lain yang mungkin ketika terjadi peradangan pada kulit adalah warna kulit mengalami reaktif sehingga pigmen memproduksi secara berlebihan kemudian muncul noda hitam atau hiperpigmentasi saat inflamasi atau peradangan. Memang benar,ketika jerawat hilang, pembuluh darah itu tidak ikut hilang. Itulah yang menyebabkan bekas pada jerawat sehingga dia tetap ada disana.

Selain itu, ada beberapa hal yang menyebabkan noda bekas jerawat sulit hilang, diantaranya:

  1. Merasa perasaan stress
    Walaupun bukan faktor utama penyebab jerawat, namun stres memperlambat proses penyembuhan bekas jerawat.
    Jadi saat kamu merasa stress, artinya tubuhmu membutuhkan lebih banyak jumlah nutrisi khusus, seperti vitamin C. Untuk mengatasi supaya kamu nggak streess, coba lakukan meditasi, jalan-jalan,melakukan hobi dan mengurangi minuman berkafein atau mengandung gula terlalu banyak.
  2. Sering memencet jerawat
    Tangan kita sering merasa risih dan ketika jerawat muncul, rasanya ingin menghilangkannya dengan cara yang cepat. Namun, faktanya terlalu sering memencet jerawat justru membuat kulit mengalami infeksi dan sulit untuk menghilangkan bekasnya sehingga berubah menjadi bopeng.
  3. Melakukan scrubbing secara berlebihan
    Meskipun scrubbing dan eksfoliasi adalah sesuatu hal yang penting, namun jika dilakukan secara berlebihan dapat menimbulkan hal buruk pada kulit wajahmu. Penyebabnya adalah butiran scrub yang kasar, eksfoliator yang bersifat abrasif sehingga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan noda merah. Jadi lebih baik, pilih produk scrub yang lebih halus ya, supaya kulitmu nggak rusak.

Merawat kulit dengan skincare dapat membantu mengangkat bopeng atau bekas jerawat yang tertinggal. Tapi terkadang berjalannnya waktu, wajah akan membaik dengan sendirinya tanpa melakukan apa-apa, hanya saja waktunya jadi lebih lama. Yuk, hempas manja bekas jerawat di wajahmu!

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on google
Prisca Devina

Prisca Devina

Leave a Replay