YOUR SKIN'S BEST FRIEND !

Kulit sensitif memang membutuhkan cara penanganan yang khusus dan perlu sangat berhati-hati dalam memperhatikan perawatan kulit. Biasanya kulit sensitif  ditandai dengan kulit yang memerah, iritasi, dan timbul rasa gatal pada saat mengalami kondisi-kondisi seperti penggunaan produk skincare atau kecantikan baru, sinar matahari, suhu udara ekstrim, dan kondisi lainnya.

Secara umum, memang kulit sensitif seringkali disebabkan oleh faktor genetik. Namun, faktanya kondisi kulit seseorang dapat berubah karena berbagai pengaruh dan faktor. Jadi, meskipun awalnya kamu nggak punya kulit sensitif, tapi sewaktu-waktu bisa berubah menjadi kulit sensitif. Ada berbagai faktor penyebab kulit sensitif, bisa diakibatkan oleh kebiasaan sehari-hari, seperti:

  1. Faktor Genetik

Gen jadi sesuatu yang sulit untuk diindikasi. Bahkan kadang kala ketika kita sudah menggunakan perawatan kulit sensitif, namun masalah kulit masih terus muncul. Hal merupakan tanda kelainan kulit. Biasanya faktor genetik disebabkan oleh perbedaan protein yang membentuk pelindung kulit, sehingga mengalami kerusakan, kulit lebih mudah kehilangan kelembaban, kering, iritasi bahkan hipersensitif.

  1. Terlalu banyak produk perawatan
    Memakai banyak skincare secara bersamaan terkadang nggak selalu memberikan hasil  diinginkan. Apalagi kalau kandungan dalam produk dapat menurunkan ketahanan wajah bahkan membuat kulit jadi sensitif. Maka disarankan untuk menggunakan produk yang sesuai kebutuhan walaupun nggak terlalu banyak.
  2. Kandungan berbahaya yang ada di dalam produk
    Sesuatu yang penting dalam sebuah produk skincare adalah kandungan. Nggak hanya itu, pemakaian produk skincare yang berlebihan bahkan nggak sesuai dengan kebutuhan kulit jadi hal yang berbahaya. Apalagi kalau kandungan yang kamu pakai berbahaya dan punya bahan aktif itu akan menimbulkan iritasi pada kulit. 

4. Polusi dan perubahan suhu

Sering dianggap hal yang sepele, sehingga orang yang memiliki kulit normal dan nggak sensitif suka mengabaikan proteksi saat menghadapi polusi berlebih ataupun suhu ekstrim. Nggak cuma itu, orang yang dengan kulit normal juga suka mengabaikan perlindungan-perlindungan seperti sunscreen dan masker. Kebiasaan ini lama kelamaan akan menurunkan ketahanan kulit dan membuat kulit jadi sensitif.
Jadi itulah penyebab kulit sensitif yang harus ketahui. Mulai perhatikan kesehatan kulit dan menggunakan produk skincare yang tepat. Karena sama halnya dengan jenis kulit lainnya, kulit sensitif juga perlu dirawat. Bedanya, untuk memilih produk kulit sensitif, kita harus lebih berhati-hati dan memperhatikan kandungan yang tepat. #sambutkulithsehatku

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on google
Prisca Devina

Prisca Devina

Leave a Replay